Langsung ke konten utama

Tak Ada yang Lainnya

Tidak ada musik mengalihkanku, tidak ada Tuhan memberi tanda. Tidak ada kekasih untuk kupercayai, tidak ada waktu untuk kuharapkan. Malam sudah terlambat berhari-hari. Kita menunggu kedatangannya dari panggilan tuwu yang kecewa, melintang dan kembali. Kengerian dalam konser suara gaduh di kepalaku mendekatkan kota ini ke ujung hidung. Bau hari esok memudar seketika kukenali wujudnya bagai tirai hijau berlapis dan tipis. Aku cuma menerka, menerka, menerka. Bayang-bayang aneka makhluk dengan kepala dan tubuh. Silih berjalan dan mengambang.

Seketika beban ini menimpa mata dan punggungku, aku hanya merindukan kegelapan dan mimpi. Di luar sana, orang-orang lelap dan tidak lagi menghitung. Tidak lagi keberatan. Aku mengangankan hidup yang jauh. Keyakinan akan luka dunia dan lukaku sendiri. Aku ingin menjadi pembaca yang sunyi, ikhlas dan bisu. Dunia ini telah menyiksa kedua mataku dengan wajahnya yang buruk rupa. O, Tuhan, mengapa Kau menciptakan makhluk buas itu? Di antara kesenyapan atau keriuhan, aku selalu mendengar siasatnya. Dan malam ini, sekian penantian dan keingintahuanku. Alangkah melelahkannya tugas hidup ini. Dunia berbisik lagi entah kepada siapa. Apakah aku sanggup membocorkan rahasia ini? Orang-orang yang ratusan tahun menghuninya mungkin telah membawa kengerianku ke dalam kubur. O, Tuhan, alangkah dinginnya tanah-Mu !

Suatu Kuasa harusnya menahanku menulis. Dari dalam sini. Dari dalam sini ! Apakah kedamaian atau kesunyian yang kumaksud untuk meredam diriku. Jiwa ini. Setiap kali Kau mengingatkanku akan Perjanjian itu, seolah akan kudapati wajah yang lain dari sudut sempit ini. Hanya aku. Tidak ada suaraku sendiri berani memecahkan ketiadaan ini.

2019

Komentar

Hopla

Postingan populer dari blog ini

NIRLEKA

Nirleka, begitu disebutnya rentang masa purba sampai ± abad 4 M saat nusantara belum diberkahi pengetahuan aksara. Berakhir dengan penemuan sebuah batu yupa kerajaan Kutai. Nirleka cenderung sulit dibaca bagi para sejarahwan. Di ruang-ruang kuliah ia masih menjadi kamar gelap yang menggoda. Minim bukti, minim jejak. Kaya rahasia. Namun nirleka tidak hanya terjadi di wilayah nusantara saja. Seluruh dunia, di tempat-tempat yang pernah tercatatkan peradaban, pernah mengalami masa buta aksara. Memang sedikit yang berhasil mengisi sejarah puncak keberaksaraan. Nusantara mungkin salah satunya meski sejarah hari ini belum benar-benar jelas memaparkan kronologinya. Maka dalam ketidaktahuan bersama ini, menarik mereka-reka apa yang terjadi di masa nirleka. Saat itu manusia tidaklah sama sekali tanpa bahasa. Pembicaraan tetap terjadi. Perdebatan apalagi. Tapi itulah, sedikit sekali catatannya. Jika dunia kita yang diam ini pernah merekam, maka yang ramai adalah bunyi, dan tentu: ingatan....

Satu Dunia

Saya bertanya-tanya dari mana datangnya keinginan untuk mengajak seluruh dunia ikut bersedih bersama kita? Hari ini apa yang tidak dibagi kepada seluruh dunia? Isi kamarmu, isi dompet, isi celana, isi kepala, isi hati - yang berisi dan tidak berisi. Saya pun berbagi. Tapi apakah saya ikut dalam lingkaran kebaikan yang genit itu? Saya tidak bisa mengukur diri sendiri.  Keinginan untuk berbagi kadang melemparkan saya kepada kenaifan mencolok dan tampil aneh di dunia yang lapang dada ini. Dan saya orang yang paling sempit. Saya sungguh ingin berbagi yang baik-baik. Mereka yang membagi isi kamar, isi dompet, isi hati kepadamu, pasti juga berpikir bahwa itu baik dibagi(?). Tapi memangnya apa itu kebaikan. Apakah arti kebaikan ? Semua orang sedang menikmati apapun yang dihidangkan di depan. Lalu saya masih punya pertanyaan, kenapa seseorang ingin membagikan kesedihan? Kita tidak diciptakan untuk kuat menanggung hidup sendirian, tapi apakah boleh mengajak seluruh dunia; kesedihan seperti ...

Elliot: Drama Psikotik-Realis dan Kegilaan Kita yang Lembut

Catatan untuk Naskah Drama "Elliot" karya Dyah Ayu Setyorini. Pementasan perdana naskah "Elliot" oleh No-Exit Theatre, Mei 2019 Teater mewujud pada seutas tali yang menegang antara nilai dan realita nilai. Ia menyentuh langsung dan ikut tergores di setiap tarikannya. Ia mengancam kita di panggung itu, saat kita justru menjadikannya jalan menyelamatkan diri. Seorang perempuan hampir menyerah, tidak sanggup menguasai kecemasannya saat dipercaya untuk memainkan tokoh Emma, tokoh utama dalam naskah "Elliot" karya Dyah Ayu Setyorini. "Aku takut gila, seperti Emma," katanya pelan sambil menahan tawa dan malu. Dalam khasanah naskah drama Indonesia, banyak naskah yang menghadirkan sosok orang gila sebagai tokoh. Namun sepanjang pengetahuan saya, belum ada yang berusaha secara utuh menghadirkan kegilaan dalam kepala tokoh ke ruang riil panggung sehingga penonton merasakan citra nyata (realis) atas hal-hal psikologis. Akar naskah ini ...